Friday, 20 November 2015

Marketing Mix 4P


 
Marketing Mix adalah sekumpulan strategi dengan mengkombinasikan kegiatan-kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan agar mencapai target yang diinginkan.
Unsur-unsur Marketing Mix yaitu:
1.      Product (Produk)
merupakan apa saja yang dapat ditawarkan kepada konsumen untuk dapat dikonsumsi atau digunakan. Produk dapat berupa barang, jasa, atau gabungan dari keduanya (barang dan jasa). Produk meliputi: variasi produk, kualitas produk, merk produk, kemasan produk, ukuran produk, dan lain-lain.
2.      Price (Harga)
merupakan sejumlah nilai uang yang dibutuhkan sebagai alat untuk mendapatkan suatu produk. Harga meliputi: daftar harga, potongan harga (diskon), periode pembayaran, dan lain-lain.
3.      Place (Tempat)
merupakan suatu lokasi atau wadah untuk memasarkan atau menyalurkan suatu produk. Tempat meliputi: iklan, promosi yang dilakukan langsung oleh seseorang atau kelompok dari perusahaan produk tersebut, public relation (humas), dan lain-lain.
4.      Promotion (Promosi)
merupakan komunikasi yang dilakukan untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan suatu produk yang dipasarkan. Promosi meliputi: saluran, liputan, lokasi, inventori, transportasi, logistik, dan lain-lain.
Contoh Analisis 4P Pada Tolak Angin
A.    Gambaran umum Tolak Angin
Tolak Angin adalah obat herbal yang berguna untuk meredakan masuk angin, perut mual, tenggorokan kering dan badan terasa dingin. Tolak Angin dibuat oleh pendiri Sido Muncul pada tahun 1930 yaitu Ibu Rahmat Sulistyo. Tolak Angin dibuat dari tumbuh-tumbuhan herbal dan madu serta ramuan lainnya. Tolak Angin dikenal lewat jargonnya: orang pintar minum Tolak Angin.
B.     Analisis 4P
1.      Product (Produk)
Nama merk: Tolak Angin.
Variasi: Tolak Angin Cair Madu, Tolak Angin Flu, Tolak Angin Anak, Tolak Angin Tablet, dan Tolak Angin Permen.
Kemasan: berwarna kuning, berbentuk persegi panjang, dan dengan gambar bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya.
Ukuran: Tolak Angin Cair Madu 15ml (1 sachet), Tolak Angin Flu 15ml (1 sachet), Tolak Angin Anak 10ml (1 sachet), Tolak Angin Tablet 150 gram (1pack), Tolak Angin Permen 300 gram (1 pack).
Komposisi: 30% bahan yang terdiri dari : Amoni Fructus (kapulaga), Foeniculli Fructus (Adas), Isorae Fructus (kayu ules), Myristicae Semen (pala), Burmanni Cortex (kayu manis), Centellae Herbal (pegagan), Caryophylli Folium (cengkeh), Parkiae Semen (kedawung), Oryza sativa (beras), Menthae arvensitis Herba (poko), Usneae thallus (kayu angin), Zingiberis Rhizoma (jahe), ekstrak Panax Radix, 70% Mel Depuratum (Madu) serta bahan-bahan lain.
2.      Price (Harga)
Harga pasar: - Tolak Angin Cair Madu dan Tolak Angin Flu (1 pack, isi 12 sachet) :  Rp 23.000,- sampai Rp 25.000,-
- Tolak Angin Anak (1 pack): Rp 14. 500,- sampai Rp 15.000,-
- Tolak Angin Tablet (1 pack isi 12 strip): Rp 14.500 sampai Rp 15.000,-
- Tolak Angin Permen (1 pack isi 15 sachet, 1 sachet 5 butir) : Rp 22.500,- sampai Rp 24.000,-
3.      Place (Tempat)
Produk-produk Tolak Angin dapat ditemui di banyak tempat seperti; warung, minimarket, supermarket, apotik, toko online, dan lain-lain.
4.      Promotion (Promosi)
-          Periklanan
PT Jamu Sido Muncul dalam memasarkan Tolak Angin menggunakan iklan melalui media massa terutama di Televisi. Iklan Tolak Angin sangat dikenal dengan taglinenya Orang Pintar Tolak Angin. Dalam iklan tolak angin ini ingin mempengaruhi khalayak bahwa dalam memilih obat masuk angin perlu minum Tolak Angin.
-          Promosi Penjualan
PT Jamu Sido Muncul juga menggunakan strategi Promosi Penjualan (Sales Promotion). Sales promotion yang merupakan kegiatan untuk membujuk secara langsung yang menawarkan insentif atau nilai lebih untuk suatu produk pada sales force, distributor atau konsumen langsung dengan tujuan utama yaitu menciptakan penjualan yang segera.
-          Public Relation
PT Jamu Sido Muncul memberikan akses yang seluas-luasnya untuk kunjungan ke lingkungan pabrik. Dalam kunjungan itu terdapat kegiatan-kegiatan edukasi tentang jamu-jamuan dan tanaman herbal sehingga masyarakat dapat melihat kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan pabrik. Masyarakat yang datang juga mendapatkan manfaat tentang edukasi tanaman herbal yang berkahsiat bagi kesehatan.Kegiatan Public Relations yang diadakan oleh Tolak Angin dalam hal ini tentunya pihak PT. Sido Muncul adalah mengadakan kegiatan Mudik Gratis setiap tahun.
-          Direct Selling
Direct Selling ini dapat dilakukan melalui telemarketing, email dan lain-lain.
-          Personal Selling
Pemasaran secara personal selling mencakup penjualan melalui orang ke orang secara langsung. Kaitan dengan personal selling yang dilakukan dalam proses pemasaran Tolak Angin tentunya sangat mempengaruhi volume penjualan. Personal selling Tolak Angin ini dilakukan oleh para penjual pedagang eceran di bus-bus.

No comments:

Post a Comment